Redaksi Teknik Lingkungan

Teknik Lingkungan Semarakkan P3MI-ITB, DegraBAC Menjadi Primadona

Teknik Lingkungan Semarakkan P3MI-ITB, DegraBAC Menjadi Primadona

BANDUNG. Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung (TL-ITB) pada hari Kamis – Jumat (18-19/01/18) turut serta dalam acara Pameran Poster dan Produk Program Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Inovasi (P3MI) ITB. Acara tersebut diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ITB. Berlokasi di Aula Barat dan Aula Timur, acara tersebut merupakan pameran produk hasil penelitian dan pameran poster penelitian yang dilakukan oleh dosen-dosen ITB.

Sebagai salah satu bagian penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan di bidang lingkungan, ketiga Kelompok Keahlian (KK) di TL ITB pun mengirimkan sejumlah poster dan produk hasil penelitian ke dalam acara P3MI-ITB. KK Rekayasa Air dan Limbah Cair (RALC) mengirimkan 6 poster penelitian dan 1 produk inovasi. Beberapa dosen RALC yang menjadi ketua penelitian diantaranya Prof.Dr.-Ing.Ir. Prayatni Soewondo, MS., Prof. Ir. Suprihanto Notodarmojo, Ph.D., Dr. Ahmad Soleh Setiyawan, ST.MT., Ir. Agus Jatnika Effendi, Ph.D., Yuniati, Ph.D., dan Prof. Ir. Mindriany Syafila, MS.,Ph.D. Selain penelitian, RALC juga mengirimkan produk inovasi yaitu DegraBAC- Bakteri Pengurai Limbah. Produk penelitian yang sedang diajukan HaKI nya ini diketuai oleh Ir. Edwan Kardena, Ph.D

DegraBAC nampaknya mampu menjadi daya tarik tersendiri di stand Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL). Beberapa pengunjung tertarik umulai dari mekanisme kerja DegraBAC hingga bagaimana dapat memperoleh DegraBAC. Rektor ITB, Prof.Dr.Ir. Kadarsah Suryadi DEA, pun tak mau kalah. Beliau berkunjung ke stand FTSL dan menyatakan ketertarikannya terhadap produk tersebut terlebih saat mengetahui DegraBAC mampu mengatasi permasalahan pencemaran Sungai Citarum. “Coba buat presentasinya 4-6 slide saja, kemudian kirimkan ke email saja”, ujarnya antusias.

Selain RALC, KK Teknologi Pengelolaan Lingkungan (TPL) mengirimkan 10 poster penelitian. Dosen- dosen yang menjadi ketua penelitian dari TPL adalah Dr. Eng. Priana Sudjono, Dra. Barti Setiani Muntalif, Ph.D yang mengirimkan dua poster, Dra.Nurul Chazanah, TM, Dr.Ir. Katharina Oginawati, MS., Prof. Dr. Arwin, MS., Dr. Mariana Marselina, ST., MT., Anindrya Nastiti, ST, MT, Dr.Ir.Priana Sudjono dan Dr. Herto Dwi Ariesyady, ST., MT.

Sedangkan untuk KK Pengelolaan Udara dan Limbah (PUL) mengirimkan 8 poster dan 2 buku. Buku yang dipamerkan adalah buah tangan Prof. Dr. Ir. Enri Damanhuri dan Dr. I Made Wahyu Widyarsana, ST., MT. Sedangkan dosen yang menjadi ketua peneliti dari PUL antara lain Prof. Ir. Puji Lestari, Ph.D, Dr. Ir. Tri Padmi, Haryo Satriyo Tomo, ST., MT., Dr. Emenda Sembiring, ST., MT., M.Eng.Sc, Dr. Moch. Chaerul, ST., MT., Adyati Pradini Yudison, ST., MT, Dr. Benno Rahardyan, ST., MT, dan Dr. Ir. Driejana, MSCE. [NNA]