Redaksi Teknik Lingkungan

Kuliah Umum Bersama Direktur SPAM Ir. M. Sundoro M.Eng

Kuliah Umum Bersama Direktur SPAM Ir. M. Sundoro M.Eng

JATINANGOR. Kamis (5/4/2018), Pengelolaan Infrastruktur Air Bersih dan Sanitasi (PIAS)  mengadakan kuliah tamu yang dihadiri oleh Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. Muhammad Sundoro, M.Eng. Kuliah tamu kali ini adalah bagian dari kurikulum mata kuliah Pengelolaan Proyek untuk Infrastrukur Air dan Sanitasi (IS6102). Topik yang disampaikan selama kurang lebih 3 jam tersebut adalah Pengembangan dan Pengelolaan SPAM.

Pembahasan kuliah seputar dasar hukum penyelenggaraan SPAM dan pembagian urusan pemerintahan bidang PUPR. Ia menyimpulkan bahwa dibutuhkan kerjasama antara Pemerintah Pusat dan Daerah dalam melakukan penyelenggaraan SPAM.  Materi dilanjutkan pada penyelenggaraan SPAM termasuk didalamnya komponen, landasan dan tahapan. Ia menekankan perlunya empat tahap dalam penyelenggaraan SPAM yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi. Selain itu ia memaparkan perlunya readiness criteria yang harus dipenuhi sebelum tahapan perencanaan dilakukan.

Bertempat di Ruang 9668 Lt 2 Gedung Labtek 1B Kampus ITB Jatinangor, diskusi berjalan sangat dinamis. Beberapa mahasiswa antusias dalam mengajukan pertanyaan hingga waktu habis. Namun karena masih banyak mahasiswa yang ingin bertanya akhirnya dibuka sesi informal yang memungkinkan mahasiswa untuk berdiskusi dengan Direktur SPAM diluar jam kuliah yang sudah ditetapkan. (NNA)