Teknik Lingkungan

Pendahuluan

PENDAHULUAN

Latar Belakang 

Profesi bidang teknik lingkungan merupakan salah satu profesi untuk    menyelesaikan permasalahan lingkungan dengan pendekatan teknologi. Teknik Lingkungan ada dari hasil pemikiran ketenikan dan keterampilan dalam memecahkan masalah pengedalian lingkungan menyangkut air minum; sistem dan daur ulang buangan cair, padat, dan gas; sistem drainase serta sanitasi lingkingan; pengendalian pencemaran dan pengolahan kualitas air, tanah dan udara; serta pengendalian dan pengelolaan dampak lingkungan. Profesi Teknik Lingkungan telah hadir di Indonesia dan di dukung dengan adanya Jurusan Teknik Lingkungan di Fakultas Teknik dari Universitas Swasta, Universitas Negeri, dan Sekolah Tinggi/Institut Teknologi dan Teknik

Pada tanggal 10 Oktobet 1962, Institut Teknologi Bandung (ITB) Menjadi pelopor lahirnya Departemen Teknik Penyehatan atau sekarang lebih dikenal dengan Jurusan Teknik Lingkungan ITB. Sampai saat ini sudah lebih dari 1500 lulusan Teknik Lingkungan ITB yang tersebar di berbagai perusahaan dan institusi baik lokal, nasional maupun internasional. para alumni tersebut telah banyak memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Indonesia, melalui kiprah nyata di berbagai profesi. Salah satu yang menonjol adalah kiprah alumni TL dalam pembangunan infrastruktur pemukiman di Indonesia baik dalam kapasitas sebagai pemerintah (policy makers) maupun penyedia jasa seperti kontraktor dan konsultan.

Disamping itu, seiring dengan makin kompleknya dinamika permasalahan lingkungan hidup di Indonesia. banyak alumni TL yang berkecimpung di dalam upaya-upaya pengelolaan aspek lingkungan hidup di berbagai industri manufaktur, pertambangan, minyak dan gas, dan lain sebagainya. Dengan demikian, kontribusi alumni TL telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pembangunan di Indonesia menuju perwujudan pembangunan berkelanjutan diseluruh sektor, hal ini, tanpa menafikan kiprah alumni TL pada profesi-profesi yang tidak berkaitan langsung dengan keilmuan TL, seperti politikus, pekerja seni, perbankan, pengusaha, dan lain sebagainya. Selain ITB, Universitas Negeri dan Swasta lain juga sudah banyak yang mencetak alumni-alumni teknik lingkungan yang juga sudah tersertifikasi dan tergabung kedalam Ikatan Ahli Profesi Teknik Lingkungan (IATPI). Dalam rangka memeringati 55 tahun jurusan Teknik Lingkungan ITB, maka diselenggarakan sebuah acara LUSTRUM KE XI DAN DIES NATALIS TEKNIK LINGKUNGAN ITB yang bertema Älumni Teknik Lingkungan Berkarya Untuk Indonesia.

Acara Lustrum ke XI dan Dies Natalis ke 55 merupakan momentum untuk memperkuat kiprah profesi teknik lingkungan dan menyatukan alumni-alumni teknik lingkungan di Indonesia. Selain itu, Lustruk ke XI dan Dies Natalis ke 55 juga sebagai ajang saling tukar informasi antara berbagai stakeholder pendidikan Teknik Lingkungan. Terdapat 3 acara utama yang akan memeriahkan peringatan Lustrum ke XI dan Dies Natalis ke 55 yaitu: "Talkshow: Inspirasi Alumni","Pameran Karya ", dan " Malam Apresiasi", ketiga acara utama ini akan diselenggarakan pada tanggal 4-5 November 2017 di Aula Timur, Institut Teknologi Bandung.